Data Ufix

Just another WordPress.com weblog

SEHAT DENGAN DETOKSIFIKASI

ON LINE

RESEARCH

 

 

SEHAT DENGAN DETOKSIFIKASI

 

 

 

Disusun sebagai Tugas 3

Mata Kuliah TIK

Dosen Pengampu :

Prof. Dr. Yusufhadi Miarso, M.Sc

Ir. M. Adriyanto, MSM

 

Oleh  :

Taufik Hidayat (NIM. 0805136149)

Program Studi : Manajemen Pendidikan

 

 

 

 

PROGRAM PASCASARJANA KEPENDIDIKAN

UNIVERSITAS MULAWARMAN

SAMARINDA

2008

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

S E H A T

DENGAN DETOKSIFIKASI

 

 

 

 

1. APA ITU DETOKSIFIKASI?

 

Secara alamiah sebenarnya tubuh mempunyai kemampuan membersihkan sisa metabolisme melalui proses detosifikasi. Namun, proses detosifikasi kadang tak berjalan sempurna karena organ tubuh mengalami kemunduran fungsi.
Dijelaskan oleh Dr. Veronica N.K. Dewi Kalay, M. Biomed., dari Klinik Valentino Jakarta, tubuh akan terpapar racun bila kita mempunyai kebiasaan merokok, kecanduan alkohol, tergantung obat-obatan, kurang olahraga dan mudah stres. Juga jika kita sering mengonsumsi makanan yang diawetkan dan makanan cepat saji, serta kurang serat (seharusnya satu hari minimal lima porsi buah dan lima porsi sayuran). Kondisi malanutrisi karena sebab di atas mengakibatkan peningkatan denyut jantung dan tekanan darah, sistem tubuh pun tidak berfungsi efisien. Akibatnya, tubuh didera berbagai penyakit. Misalnya, bila organ hati bekerja terlalu keras dan tidak efisien, penyakit kuning dan batu empedu akan terjadi.  Dr. Veronica menyebut detoksifikasi sebagai suatu proses eliminasi atau menetralkan racun (toksin) di dalam tubuh. Tindakan itu untuk membuang timbunan sampah sisa metabolisme yang terakumulasi di dalam tubuh selama bertahun-tahun.

Tujuan detoksifikasi adalah membersihkan toksin yang merusak sel-sel tubuh, memungkinkan atau memampukan tubuh untuk menyembuhkan diri sendiri, mengembalikan kendali fungsi dan keseimbangan alami organ tubuh secara optimal, menambah energi bagi tubuh untuk melakukan proses metabolisme dan memperbaiki setiap kerusakan yang terjadi. Juga untuk memperbaiki peredaran darah dan sistem kekebalan tubuh, memperbaiki sel yang rusak (revitalisasi) dan menjaga keseimbangannya, membangun sistem kekebalan tubuh, serta memperpanjang usia dan membuat awet muda. Dijelaskan Dr. Veronica, pada dasarnya toksin menyebabkan iritasi tubuh dan memberikan efek yang merusak. Racun tersebut dapat terakumulasi dalam tubuh sehingga melemahkan elemenasi toksin, sistem kekebalan, sistem peredaran darah, merusak sistem pencernaan, sistem penyaringan dan sistem endokrin.

 

Tubuh memang mempunyai sistem detoksifikasi secara alamiah. Hati, misalnya, bertugas mengambil racun yang memasuki tubuh melalui makanan dan minuman, lalu mengubah ke dalam bentuk yang bisa digunakan oleh tubuh, menyimpan dengan aman atau membuangnya. Ginjal berfungsi dalam filtrasi sisa racun dari darah dan membuangnya dari tubuh dalam bentuk urin. Organ ini juga bertanggung jawab menjaga agar cairan di dalam tubuh berada dalam jumlah yang tepat. Namun, kemampuan tubuh mengatasi toksin kini mulai diragukan karena berbagai sebab. Dalam keadaan stres berkepanjangan, tubuh bisa mengalami gangguan pencernaan sehingga proses pengeluaran racun menjadi lamban dan pemrosesan produk sisa di dalam tubuh tidak efisien. Ketidakseimbangan tersebut akan menurunkan vitalitas dan menyebabkan gangguan tubuh yang makin parah.

Toksin bukan hanya ampas dari makanan yang kita makan dan makanan-makanan yang tidak tercerna, tetapi juga bisa berasal dari zat makanan aditif, udara tercemar, bahan kimia seperti pestisida, logam berat dalam air minum, residu obat-obatan farmasi, dll. Bahkan pikiran dan emosi negatif juga merupakan racun bagi sel-sel tubuh kita. Semua ampas atau zat yang tidak diperlukan tubuh akan diperlakukan sebagai racun (toksin) atau penyakit.  Ampas atau toksin juga diproduksi secara alamiah oleh tubuh kita sendiri. Ini merupakan proses metabolisme sehingga tidak dapat kita hindari. Setiap hari di dalam tubuh terjadi pembelahan sel-sel baru. Sementara itu sel-sel yang sudah tua akan menjadi aus, mati, dan menjadi ampas.  Dalam kondisi normal, ampas akan dikeluarkan secara teratur setiap hari melalui sistem pembuangan tubuh. Buang air besar setiap hari bukan jaminan bahwa proses pembuangan kita normal. Jika salah satu atau beberapa masalah tersebut merupakan keluhan Anda, berarti pengeluaran ampas dari tubuh Anda belum optimal! Penyakit terjadi apabila proses pembuangan tidak optimal dan toksin mulai merusak jaringan organ-organ vital.  Dalam sejumlah hasil penelitian disebutkan kondisi racun berlebihan (toxicity) erat hubungannya dengan penuaan dini, menyebabkan terjadinya penyakit-penyakit degeneratif (liver, jantung, diabetes, kanker, dll.), dan menurunkan sistem kekebalan tubuh. Karena itu, racun harus dikeluarkan dari dalam tubuh. Caranya, dengan detoksifikasi (detoks).  Detoksifikasi (detoks) adalah proses pengeluaran racun atau zat-zat yang bersifat racun dari dalam tubuh. Puasa merupakan salah satu metode efektif detoksifikasi. Pembersihan dan detoks meningkatkan proses alamiah pengeluaran toksin dari dalam tubuh kita.

Organ vital yang menjadi target dalam program pembersihan racun yang efektif adalah susu besar (pengeluaran) dan liver (detoksifikasi).Hampir semua penyakit degeneratif dapat dihubungkan dengan kondisi keracunan dalam saluran usus (intestinal toxemia). Mengapa? Karena setiap jaringan dalam tubuh mendapatkan makanan dari darah, dan darah mendapatkannya dari usus. Setiap zat yang masuk ke dalam tubuh kita akan terserap ke dalam darah melalui dinding-dinding usus. Artinya, toksin yang berada usus juga akan ikut beredar bersama aliran darah sampai ke sel-sel di seluruh penjuru tubuh kita. Toksin-toksin inilah yang menyumbangkan terjadinya berbagai kondisi penyakit kronis, akut, dan degeneratif. Begitu juga menurunnya tingkat energi dan penuaan dini.  

 

 

 

2. BAGAIMANA MELAKUKAN DETOKS?

 

Ada beberapa metode detoks yang sering dilakukan saat ini. Mulai dari yang alami seperti puasa hingga yang menggunakan suplemen herba atau obat-obatan tertentu. Program detoks yang baik harus dapat:

  • menormalkan pH (kadar keasaman) pencernaan
  • meringan beban fungsi enzim di pankreas
  • melancarkan kerja empedu dan mencairkan cairan empedu
  • mengurangi lemak dan penyumbatan pada liver
  • membangun flora usus
  • melancarkan pembuangan lendir dan ampas dari dinding usus agar penyerapan zat makanan menjadi lebih baik
  • membuang kotoran yang menyumbat saluran usus (catatan: penyumbatan pada usus dapat mengakibatkan kanker usus)
  • merangsang peristaltik usus agar pembuangan lebih lancar
  • membersihkan darah
  • membersihkan saluran kencing dan memperbaiki keseimbangan cairan tubuh
  • melancarkan peredaran getah bening
  • membuka pori-pri kulit
  • mengeluarkan lendir dari paru-paru serta melancarkan pernapasan

Biasanya perlu waktu 6 – 12 bulan untuk mencapai semua itu, dan juga sangat bergantung pada kondisi keracunan dan kedisiplinan setiap individu.
Metode detoks yang paling mudah dan aman adalah juice fasting, yaitu puasa menghindari makanan padat dan pembentuk asam, dan hanya mengkonsumsi jus buah segar sepanjang hari dalam porsi tertentu. Puasa ini aman bagi semua orang. Mereka yang menderita kanker stadium lanjut, diabetes, atau gagal ginjal harus di bawah pengawasan ahli.Istirahat dan relaksasi sangat penting dalam program detoks. Jika masih sibuk dengan pekerjaan dan aktivitas lainnya, sebaiknya tidak melakukan detoks. Laju metabolisme tubuh selama detoks akan menurun, begitu pula suhu tubuh, tekanan darah, nadi, dan saluran pernapasan. Ini merupakan proses alamiah karena tubuh akan melakukan penghematan energi dan sebagian besar energi akan lebih dikonsentrasikan untuk proses pembuangan racun.

Proses keluarnya racun juga menimbulkan reaksi tidak nyaman pada tubuh, yang secara medis dikenal sebagai gejala kemunduran (withdrawal symptoms). Beberapa gejala mirip dengan gejala sakit atau sakaw pada pemakai narkoba yang sedang menjalani program pembersihan. Sebaliknya, dalam paham pengobatan alami, gejala ini disebut krisis penyembuhan (healing crisis). Gejala ini biasanya muncul pada hari ke-3 sejak dimulainya program detoks. Gejala yang terasa biasanya hanya muncul satu hari saja. Kecuali gejala seperti flu (pengeluaran lendir melalui saluran pernapasan) biasanya berlangsung lebih lama. Beberapa hari setelah itu kita mulai merasa tidak kelaparan lagi, walaupun adakalanya muncul gangguan seperti memikirkan makanan-makanan tertentu padahal perut sedang tidak lapar.


a. Krisis Penyembuhan

  • Gejala demam atau flu
  • Diare atau sebaliknya, malah mengalami sembelit (sulit buang air besar). Jika terjadi sembelit, bisa dibantu dengan enema atau kolonhidroterapi/”cuci usus”.
  • Nyeri otot atau sendi
  • Sakit kepala atau migrain (umumnya pada perokok dan peminum alkohol)
  • Mual-mual atau kembung
  • Lesu
  • Banyak mengeluarkan riak atau lendir
  • Gatal-gatal atau berjerawat (jika sebelumnya mempunyai masalah dengan kulit
  • Napas bau dan muncul lapisan tebal pada permukaan lidah (dapat dikerok dan dibersihkan dengan sendok atau alat khusus pengerok lidah)
  • Mudah merasa kedinginan (karena suhu tubuh menurun)
  • Gangguan emosional (uring-uringan atau emosional)

 

b. Mekanisme Detoksifikasi

Ada 2 mekanisme yang digunakan liver untuk mengeluarkan racun. Pertama, pada detoks, disebut fase 1, adalah mengubah toksin menjadi entuk yang larut lemak. Secara alamiah lemak akan segera mengikat toksin yang masuk ke dalam tubuh. Karena itu, toksin harus dilepaskan dulu dari jaringan lemak. Kedua, disebut fase 2, mengubah toksin menjadi bentuk yang larut air agar toksin dapat dikeluarkan melalui saluran usus dan urine. Dengan mekanisme ini, tidak akan ada racun yang tersangkut atau tertinggal pada jaringan, termasuk jaringan otak dan saraf pusat. Toksin akan keluar perlahan melalui aliran darah. Pada saat inilah biasanya gejala-gejala yang terasa seperti penyakit, yakni gejala krisis penyembuhan (healing crises) itu muncul. Pada setiap fase yang harus dilalui, pelaksanaan detoks ini sebaiknya dibantu dengan makanan dan herba tertentu untuk menguatkan sel-sel organ vital dan kelenjar yang berperan pada proses detoks.

 

3. MENGAPA PERLU DETOKS? APA MANFAATNYA

 

Salah satu penyebab terbesar terjadinya tokxemia pada usus adalah kebiasaan mengkonsumsi makanan yang dimasak secara berlebihan atau diproses, yaitu makanan-makanan yang tidak memiliki enzim lagi. Juga kebiasaan lebih banyak makan makanan pembentuk asam, yaitu protein (hewani), pati, lemak. Terlalu banyak menyantap makanan sumber protein (hewani), pati, dan lemak mengakibatkan tubuh mengalami asidosis, yakni kondisi keasaman darah dan jaringan tubuh berlebihan. Asidosis dapat menimbulkan peradangan pada berbagai jaringan dalam tubuh, menyebabkan butir-butir darah melekat satu sama lain, atau terbentuknya jejaring serabut-serabut halus (fibrin) dalam darah. Jejaring serabut-serabut ini yang memberi kesan seolah-olah darah menjadi pekat. Serabut-serabut ini mengakibatkan peredaran sel-sel darah terganggu, sehingga pasokan zat makan dan oksigen ke sel-sel jaringan tubuh lainnya terhambat.Tubuh kita dikaruniai enzim-enzim yang diperlukan oleh berbagai fungsi metabolisme dalam tubuh dalam jumlah terbatas, termasuk proses pencernaan.

Tubuh tidak akan menggunakan enzim-enzim ini apabila makanan yang kita makan masih memiliki enzim. Terus-menerus menggunakan enzim tubuh akan menghabiskan energi dan menyebabkan peradangan pada pankreas. Pankreas adalah organ vital yang memproduksi enzim-enzim pencernaan pada usus kecil. Gangguan pada pankreas menyebabkan pencernaan tidak lancar dan tubuh semakin banyak memproduksi ampas.Usus besar tidak memiliki kemampuan untuk mencerna makanan. Tubuh akan memadatkan makanan yang tidak tercerna ke sepanjang dinding usus halus. Secara alami proses ini akan mengundang pengeluaran lendir dari sistem kekebalan tubuh yang ada pada dinding-dinding usus. Kondisi ini akan mengakibatkan sembelit (sulit buang air besar) dan penyumbatan pada saluran usus besar. Setelah beberapa waktu, kotoran ini akan membusuk dan menghasilkan gas beracun. Gas lebih mudah terserap melalui pori-pori halus pada dinding usus, mengalir dalam darah dan masuk ke sel-sel tubuh dan sewaktu-waktu siap menimbulkan penyakit.

Pembersihan besar-besaran alias detoksifikasi yang dilakukan secara berkala, perlu bagi tubuh kita. Selain untuk mengurangi ampas-ampas beracun dari dalam tubuh, tidak ada organisme pembawa penyakit atau virus yang tahan dalam tubuh yang bersih. Terapi detoks paling tuadan sudah ratusan tahun dilakukan oleh manusia adalah puasa. Dengan pola makan yang lebih sederhana dan alami saja, manusia dahulu sudah mengerti bahwa sekali waktu tubuh perlu detoks. Detoks seharusnya menjadi lebih penting bagi manusia modern dengan pola makan yang cenderung menimbulkan ampas lebih banyak dan penyumbatan-penyumbatan pada sistem tubuh.

Toksin mengakibatkan proses penuaan dan kerusakan lebih cepat pada seluruh sel tubuh. Waktu tidak ada hubungannya dengan penuaan. Penuaan atau proses degenerasi semata-mata adalah karena toksin dan dehidrasi yang kita tabung selama bertahun-tahun.

 

Manfaat Detoks :

  • Meremajakan sel-sel sehingga kulit pun menjadi bersih, sehat, kencang, dan lembut.
  • Menurunkan kelebihan berat badan.
  • Meningkatkan energi.
  • Peningkatan indera penciuman, perasa, dan pendengaran.
  • Pengeruta tumor (jika ada).
  • Peradangan pada kelenjar getah bening hilang.
  • Melancarkan peredaran darah dan getah bening.
  • Memperbaiki daya ingat.
  • Menghilangkan gejala-gejala penyakit seperti alergi, sakit kepala, kembung, dsb.
  • Memperbaiki kadar gula darah dan tekanan darah.
  • Memperbaiki fungsi liver dan ginjal.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh.

 

4. PERSIAPAN SEBELUM DETOKS

 

  • Selama proses detoks berlangsung, sebagian besar energi akan difokuskan tubuh ke proses pembuangan. Karena itu, tidak ada gunanya melakukan detoks jika masih disibukkan dengan kegiatan-kegiatan yang menyita tenaga dan pikiran. Melakukan detoks dalam kondisi demikian tidak akan membuat tubuh jadi sehat, tetapi justru sebaliknya. Cari waktu yang baik untuk menjalankan detoks.
  • Waktu menjalani detoks adalah 7-40 hari berturut-turut, bergantung pada kondisi setiap orang. Bagi yang tidak biasa berpuasa, sebaiknya latihan dulu melakukan detoks beberapa kali selama 3 hari berturut-turut. Harap diingat bahwa detoks 3 hari itu hanya latihan. Karena proses pengeluaran toksin sendiri baru mulai pada hari ke-3. Dan bagi yang berminat menjalankan detoks lebih dari 7 hari sebaiknya melakukan konsultasi kesehatan lebih dulu dengan dokter atau ahli gizi yang menguasai terapi detoks.
  • Agar tubuh lebih mudah beradaptasi dengan terapi detoks, 1-2 minggu sebelum melakukan program detoks sebaiknya Anda mulai :
    • Mengurangi makanan berlemak tinggi, seperti makanan gorengan, makanan bersantan, protein hewani (termasuk susu ternak), dan karbohidrat olahan terutama yang mengandung terigu dan gula pasir (termasuk minuman soda).
    • Membatasi garam
    • Menghindari alkohol, kafein, dan obat-obatan yang tak perlu
    • Menghindari semua jenis makanan olahan industri (kalengan, instan, dll)
      Pola makan pra-detoks ini juga bermanfaat menurunkan reaksi detoks
      yang menimbulkan rasa tidak nyaman. Mencoba ‘mencuri’ kesempatan mengkonsumsi makanan/minuman yang harus dihindari, dapat menghambat proses detoks yang sedang berjalan selama beberapa jam. 

 

5. JENIS MAKANAN YANG DIANJURKAN

 

Program detoks ini hanya memperkenalkan 5 jenis buah-buahan yang harus dikonsumsi dalam bentuk jus. Mengapa harus jus? Karena dalam bentuk jus, kandungan zat-zat gizi pada buah lebih mudah dicerna dan diserap tubuh. Karena tidak banyak serat yang masuk, pada beberapa orang cara detoks seperti ini juga dapat menimbulkan sembelit (sulit buang air besar/BAB). Untuk mengatasinya, dapat dilakukan enema (merangsang gerakan peristaltis usus dengan memasukkan cairan melalui anus) atau kolon hidroterapi di klinik khusus. Tetatpi jika Anda banyak minum air putih di antara waktu minum jus buah, risiko sembelit sangat kecil.

Jenis buah yang dibolehkan dalam program detoks ini hanya pepaya, apel, mangga, semangka, nanas, dan jeruk nipis/lemon. Pilih buah yang segar dan sudah matang. Tidak perlu buah impor, karena semakin dekat tempat tumbuh buah dengan tempat kita, kualitas gizinya semakin baik untuk tubuh kita. Sedapat mungkinpilih buah-buahan organik (tidak tercemar pestisida dan zat-zat kimia lainnya).
Jenis buah yang dikonsumsi dalam satu hari harus sama. Misalnya hari pertama hanya jus pepaya saja sepanjang hari, lalu hari berikutnya hanya jus semangka saja, dan seterusnya. Cara mengkonsumsi buah seperti ini hanya untuk memudahkan pengaturan pH dalam tubuh. (Tambahan dari Wied Harry: Untuk jeruk nipis/lemon, peras airnya lalu campurkan ke dalam air masak.)

Program yang  dilakukan

  • Bangun tidur minum 1 gelas air putih dicampur perasan air jeruk dari ½  – 1 buah jeruk nipis/lemon.
  • Mulai dari pk. 07.00 minum 1 gelas jus buah setiap 2 jam sekali. Total jus buah yang diminum 7-8 gelas sehari.
  • Di antara waktu minum jus buah, minum air putih sebanyak dan semampu Anda.

 

6. PRAKTEK DETOKS YANG EFEKTIF

 

Program detoks tak bisa dilakukan sembarangan. Di antara sekian jenis program detoks, detoks dengan jus buah (fruit juice fasting) adalah yang paling aman dan nyaman. Namun sebelum melakukannya, pahami dulu aturannya. Apa yang harus dilakukan menjelang detoks? Berapa lama waktu optimum menjalankan detoks? Reaksi apa yang mungkin timbul selama detoks? Usus besar yang tidak sehat dan tidak lancar adalah sumber datangnya berbagai penyakit. Sebagai saluran pembuangan yang menjadi tempat bertumpuknya ampas-ampas, usus besar adalah organ pertama yang harus dibersihkan, sebelum tubuh melakukan proses detoks yang akan dilakukan oleh hati/liver. Usus besar memang tempat lewatnya ampas dan kotoran, sehingga memang tidak dapat dikatakan sebagai tempat yang bersih. Yang dimaksudkan harus bersih dalam hal ini adalah lancar. Aliran dalam saluran pembuangan harus lancar agar tidak terjadi penyumbatan, yang di kemudian hari dapat menyebabkan kondisi keracunan dari dalam tubuh (otointoksikasi) dan gangguan metabolisme. Ada banyak cara detoks. Sarapan buah di pagi hari, seperti metode Food Combining, saja sudah dapat menimbulkan efek detoks.

Tetapi di antara semua alternatif detoks yang ada, puasa merupakan metode yang paling tua dalam sejarah, paling aman, dan paling efektif. Metode yang paling direkomendasikan para ahli kesehatan alami maupun klinik-klinik puasa di negara-negara Barat adalah puasa hanya minum air suling (disebut water fasting) atau puasa hanya dengan minum jus buah atau jus sayuran saja (juice fasting). Juice fasting dengan buah-buahan adalah pilihan detoks yang paling aman dan nyaman. Kandungan gizi yang berlimpah dalam buah segar, termasuk enzim-enzim dan energinya, dapat menurunkan intensitas pembersihan pada tingkat yang lebih nyaman. Puasa dengan hanya minum air prosesnya lebih intensif karena akan membakar lebih banyak kalori. Bagi pemula, water fasting hanya boleh dilakukan di klinik khusus yang mempraktekkan terapi puasa dan di bawah pengawasan spesialis detoks.

 

7. PRINSIP-PRINSIP DETOKS

 

  • Tinggalkan alat penimbang berat badan

Detoks bukan program penurunan berat badan. Penurunan berat badan hanyalah efek sampingan detoks. Fokus detoks adalah kesehatan Anda. Artinya, metabolisme harus baik atau lancar. Detoks memperbaiki metabolisme tubuh. Jika tubuh sehat tidak akan ada kelebihan berat badan. Ingat, kelebihan berat badan bukan semata-mata karena lemak, tetapi toksin! Berhasil tidaknya detoks mudah terlihat dari penampilan dan tekstur kulit yang menjadi tampak muda dan segar, juga ukuran lingkar tubuh yang mengecil tanpa kesan kurus kering. 

  • Tinggalkan hitungan kalori

Program detoks ini tidak perlu membuang Anda pusing dengan urusan hitunga-hitungan kalori, karena Anda hanya akan mengkonsumsi jus buah. Buah adalah makanan rendah kalori tetapi kaya energi. Dalam ilmu kesehatan modern, kalori juga dipahami sebagai energi. Tetapi dari paham kesehatan alami, energi adalah tenaga atau power atau aura yang terdapat pada makanan. Seperti aura pada manusia, aura pada tumbuh-tumbuhan juga dapat dilihat dari kamera khusus. Sebaliknya, kalori lebih tepat didefinisikan sebagai panas atau energi yang dibutuhkan untuk pembakaran. Buah disebut makanan rendah kalori karena hampir tidak memerlukan energi tubuh untuk pembakarannya, sehingga tubuh bisa lebih banyak menghemat energi. Energi ini yang sebenarnya berperan dalam proses penyembuhan dan peremajaan pada sel-sel tubuh.

 

8. REAKSI TUBUH SELAMA DETOKS

 

Selain reaksi-reaksi seperti penyakit, selama detoks tubuh akan memberikan reaksi-reaksi lain yang sering mengejutkan bagi pemula. Bentuk reaksi dan kapan munculnya reaksi-reaksi tersebut tidak sama pada setiap orang.

 

a. Reaksi-reaksi tersebut antara lain:

  • Warna urine lebih keruh dan berbau tajam. Bagi mereka yang sepanjang hidupnya banyak mengkonsumsi obat-obatan farmasi, bau obat akan ikut keluar bersama urine dan kotoran (feses).
  • Sering buang angin dengan bau sangat menusuk.
  • Muncul keinginan kuat pada makanan, padahal setelah hari ke-3 sebenarnya tubuh sudah tidak merasakan lapar lagi.
  • Keluar banyak kotoran disertai lendir (mukus) yang cukup pekat. Pada program detoks yang lebih panjang, tubuh akan mengeluarkan kotoran dari lapisan sel yang paling dalam. Bentuk kotoran yang keluar biasanya lebih pekat dan berwarna mulai dari kehijauan hingga kehitaman seperti ter/aspal cair. Program detoks baru dapat dikatakan sempurna jika bentuk kotoran yang keluar sudah normal dan tidak ada lagi kotoran yang bentuknya seperti ter tersebut.

 

b. Catatan penting

  • Cara mengkonsumsi minuman/makanan apa pun tidak boleh terburu-buru. Meskipun bentuknya cair, air dan jus buah tetap harus diteguk pelan-pelan dan sedikit-sedikit saja. Jadi, tidak ditenggak cepat-cepat, apalagi sekaligus. Minum atau makan terburu-buru dapat menyebabkan beberapa proses yang harus dilakukan tubuh terhadap makanan, terlewati. Makanan yang tidak terproses dengan baik akan mengalami pembusukan sebelum waktunya. Padahal pembusukan makanan hanya boleh terjadi dalam usus besar menjelang anus. Pembusukan dini biasanya sudah terjadi di usus duabelas jari.
  • Jus buah yang diminum setiap kali harus baru. Jadi, tidak boleh membuat dan menyimpan jus untuk satu hari sekaligus, misalnya.
  • Jangan menunda minum jus setelah jus dibuat. Kualitas gizi dan energi pada jus buah akan berkurang setelah 20 menit, apalagi jika dibiarkan terbuka dan terkena udara.

 

 

 

c. Tip

  • Sebaiknya tidak mengkonsumsi obat dan suplemen apa pun selama menjalani detoks. Obat dan suplemen bagaimana pun memiliki elemen yang bersifat racun. Tetapi bagi mereka yang sedang menjalani pengobatan penyakit tertentu, pemakaian obat dapat diatur agar tidak mengganggu proses detoks maupun tubuh mereka sendiri. Karena itu, konsultasikan dahulu kesehatan Anda pada ahlinya.
  • Sebaiknya tetap berolahraga teratur. Cukup olahraga ringan saja seperti jalan kaki, lompat tali atau lompat-lompat kecil di atas trampolin, yoga, taichi, atau chikung. Olahraga berguna melancarkan sirkulasi darah dan getah bening, dan secara tidak langsung juga melancarkan proses pengeluaran racun dari dalam tubuh.
  • Boleh melakukan perawatan tubuh seperti pijat aromaterapi dan luluran (body scrub atau penggelontoran kotoran dari permukaan kulit).

 

 

 

 

REFERENSI

 

 

 

1.   Judul          :  Apa Itu Detoks

2.      Alamat       :  http://www.foodcombiningways.com/?p=18

3.      Penulis        :  Andang Gunawan

 

1.   Judul          :  Bulan Puasa Saat Tepat untuk Detoks

2.   Alamat       :  http://www.hermagz.com

3.   Penulis        :  Rina

 

1.   Judul          :  Detoksifikasi Supaya Organ Tubuh berfungsi Optimal

2.   Alamat       :  http://www.cybertokoh.com

3.   Penulis        :  Arixs

 

1.   Judul          :  Menuju Sehat dengan Detoksifikasi

2.   Alamat       :  http://www.sedap-sekejap.com

3.   Penulis        :  Semy

 

1.   Judul          :  Natural, Drug, Detoxification

2.   Alamat       :  http://www.qesiqytyp.issuisse.com

3.   Penulis        : 

 

Juni 21, 2008 - Posted by | Uncategorized

1 Komentar »

  1. Dari: omyosa
    Tanggal: 28 JUNI 2008 16:14
    Subjek: OXY DRINK WATER

    BEBERAPA KESAKSIAN
    PARA PENDERITA PENYAKIT
    YANG TELAH MERASAKAN
    ADANYA PENINGKATAN KUALITAS KESEHATAN DAN PENYEMBUHAN

    – Sembunyikan teks yang dikutip –
    ASAM URAT, TRIGLESERIDA, DIABETES SEMBUH
    Ahmad Samsuri, Banjarbaru
    Pengalaman saya dengan OXY adalah sebagai berikut di usia 44 tahun ini
    penyakit yang hinggap di tubuh saya adalah Asam Urat, Trigliserida,
    Diabetes dan sering sakit pinggang. Setelah dikenalkan dengan OXY oleh
    teman saya di Semarang pada tanggal 22 Desember 2006. Saya
    mengkonsumsi OXY 2 (dua) botol perhari. Semua obat dikonsumsi sehari-
    hari saya hentikan. Setelah menghabiskan OXY 1 (satu) dos (24 botol),
    kembali saya periksa ke laboratorium. Hasilnya
    Diabetes dari 249 Mg/dl menjadi 130 Mg/dl
    Trigliserida dari 64 Mg/dl menjadi 81 Mg/dl
    Asam Urat dari 64 Mg/dl menjadi 48 Mg/dl
    Subhanallah, OXY memang terbukti hebat. Sejak itu saya terus
    mengkonsumsi OXY dan tidak ada lagi me-ngeluarkan biaya obat rutin
    sebesar Rp. 35.000,00/ hr.
    Saya langsung menjadi member dan stockist OXY di kota saya
    berdomisili, Trims OXY.

    STROKE SEMBUH
    KESAKSIAN OLEH : SYELINA PANDUU, KEL. TATAARAN II LING V KEC. TONDANO
    SELATAN MANADO SULAWESI SELATAN
    Saya mengalami stroke di badan sebelah kanan sejak September 2004.
    Sampai saat ini sudah menjelang 2 tahun saya berobat rutin ke dokter
    (obat seumur hi-dup). Penyakit yang saya derita adalah tekanan darah
    tinggi, penyempitan di hidung, anus, tenggorokan, sakit kepala,
    bengkak kedua kaki, panas di telinga, kencing sedikit. Saya sudah
    pasrah dengan penyakit yang saya derita. Minum obat atau tidak minum
    obat tetap penya-kit yang saya rasakan belum ada perubahan. Untuk
    berobat ke dokter saya tidak punya uang lagi dan pada bulan Mei 2006
    ada seorang ibu dari Makassar anak tetangga saya memperkenalkan OXY
    pada saya, lalu saya tertarik dan saya coba beli dan minum 1 botol
    setiap hari. Ternyata puji Tuhan baru botol ke enam saya minum, saya
    sudah merasakan perubahan, bu-ang air besar yang tadinya terjepit dan
    anus sebelah kanan sekarang sudah lancar seperti biasa, dan pe-nyakit
    dari dalam keluar semua lewat kencing. Setelah botol ke 16 saya minum,
    keluar lagi lewat hidung sebe-lah kanan seperti sum-sum. Penyumbatan
    di hidung tidak ada lagi, tekanan darah tinggi sudah normal, bengkak
    di kaki hilang, panas di telinga sudah sem-buh, rambut rontok sudah
    bertumbuh lagi. Semua penyakit yang saya derita sudah sembuh total.
    Saya minum OXY baru 48 botol (48 hari), saya sudah ber-jalan seperti
    biasa. Terima kasih Tuhan sudah membe-rikan mujizat kesembuhan lewat
    OXY. Terima kasih kepada Ibu Sandra Palit yang datang dari Makassar
    memperkenalkan OXY pada saya. Terima kasih OXY air penyembuh.
    Kanker Payudara Disembuhkan

    RUSMINI, DUSUN SAROHA SIMPANG NAGA MAS DESA SEI TAMPANG KEC. SILAH
    HILIR KAB LABUHAN BATU
    Saya menderita kanker payudara sudah berobat kemana-mana tapi tidak
    ada yang berkurang sampai payudara saya bernanah dan bolong. Bulan
    Agustus 2006, adik saya kenalkan OXY pada saya dan setelah saya minum
    OXY belum ada 1 dos sudah terasa agak enak dan tanggal 08 September
    2006 suami saya ke Kisaran langsung jadi member dan sekalian pasarkan
    di kampung dan ternyata lancar sekarang saya minum OXY gratis dan
    payudara sudah kering dan tidak bau lagi. Ternyata OXY sangat membantu
    saya. Bulan Desember 2006 kami akan menjadi Stockist. Terima kasih OXY
    memang mujarab.

    BERBAGAI PENYAKIT SEMBUH BERKAT OXY (AIR MURNI BEROKSIGEN TINGGI)
    KESAKSIAN OLEH : SRI DAMIYATI, JL. KOL SUGIONO TAMAN PEMALANG
    Mulanya aku masuk menjadi member OXY hanya berpikir aku ingin sehat
    dan bisa membeli 1 dus OXY dengan harga Rp. 105.000,00 setiap bulan,
    tapi setelah kurasakan banyak teman yang tertarik ikut menjadi
    downline di bawahku dan mereka sekarang pada semangat dan getol,
    karena keunggulan dan fungsi OXY memang menyehatkan. Bahkan teman-
    teman dan saudara yang mencoba membeli dan meminum, penyakitnya bisa
    sembuh antara lain ada yang herpes, sakit tenggorokan, paru2, asma,
    TBC, maag, liver, asam urat, pengapuran,kolesterol, tensi tinggi,
    gula, kencing batu, batu ginjal, bisa normal kembali. Aku tidak pernah
    berfikir untuk mendapatkan bonus dari perusahaan, yang kufikir hanya
    aku ingin sehat dengan keluargaku, akhirnya setiap bulan aku
    mengkonsumsi 2 dus OXY, dan sekarang aku sudah merasakan hasilnya,
    selain tambah sehat juga tambah rejeki dari Allah SWT, lantaran ikut
    member dan minum OXY. Matur Nuwun OXY.

    KANKER PROSTAT DISEMBUHKAN
    H. BEDDU (61TAHUN), JL. INDUSTRI KECIL RT. 02 RW. 10 KEL. BUKIT INDAH
    KEC. SOREANG PARE-PARE SUL-SEL
    Saya menderita penyakit prostat, jika ingin kencing sakitnya “amat
    sangat”. Setiap hari saya memakai keteter bahkan jika ingin bepergian
    saya harus memakai popok, saya sudah berobat ke dokter, dan dokter
    menyarankan agar saya di operasi karena selain prostat, saya juga
    menderita penyakit usus turun. Pada awal Feb 2006 menantu saya ASPERI
    yang juga member OXY menyarankan agar saya minum OXY. Alhamdulillah,
    setelah saya minum 1 dos hasilnya sangat menggembirakan, kencing saya
    jadi lancar dan saya tidak memakai keteter atau popok lagi. Saya
    sangat bersyukur kepada Tuhan dan mengucapkan terima kasih kepada OXY.
    Semoga OXY tetap jaya dan bermanfaat bagi masyarakat banyak.

    PENURUNAN KOLESTEROL
    MARKUS PONGTULURAN, BTP JL. TAMANLANREA RAYA MAKASSAR
    Saya menderita penyakit diabetes (350), kolesterol (245), asam urat
    (8,7). Saya rutin mengkonsumsi obat dokter dari ketiga penyakit
    tersebut. Setelah rekan kami an. Drs. Adolf Alexander, MM. memberikan
    penjelasan serta manfaat dari OXY bagi kesehatan semua penyakit,
    kemudian saya mencoba konsumsi 3 dos OXY untuk terapi pengobatan
    selama 1 bulan. Setelah mengkonsumsi OXY tersebut diatas saya lalu
    periksa lengkap yaitu gula, kolesterol, dan asam urat dan ternyata
    hasil dari pemeriksaan tersebut normal semua yaitu : Gula dari 350
    menjadi 120, Kolesterol 245 menjadi 195, Asam Urat 8,7 menjadi 6,2.
    Berkat keampuhan dari pada OXY yang nyata dapat menyembuhkan segala
    penyakit maka akhirnya saya masuk sebagai member dari Saudara
    Drs.Adolf Alexander, MM tanggal 12 Januari 2006 dan setelah 2 minggu
    menjadi anggota maka puji Tuhan saat ini kami mencoba brmohon untuk
    menjadi salah satu sub stockist di BTP, Makassar dan ternyata
    disetujui. Pemasaran OXY di Makassar sungguh melayani permintaan
    masyarakat yang mengkonsumsi OXY. Terima kasih PT. Central Java
    Drinking Water, semoga tetap berjaya terus dan meningkatkan kualitas.

    PENYAKIT ASMA DISEMBUHKAN
    OLIVIA MARCHELINA – Makassar
    Saya seorang penderita asma. Kalau cuaca dingin atau saya lagi capek,
    penyakit saya pasti langsung kambuh dan parahnya sampai ias pingsan-
    pingsan. Juli 2005 kemarin, saya sampai 4 kali keluar masuk rumah
    sakit. Sudah bermacam-macam obat yang saya konsumsi tetapi tetap saja
    penyakit saya tak kunjung sembuh dan sempat membuat saya putus asa.
    Sampai akhirnya pada bulan Desember 2005 kemaren, mama saya bertemu
    dengan Pak Hendrianto dan menyarankan mama untuk memberikan OXY kepada
    saya. Awalnya saya tidak yakin air OXY ini ias menyembuhkan penyakit
    saya, tetapi setelah mengkonsumsi OXY 2 dos. Puji Tuhan asma saya
    tidak pernah kambuh lagi. Dan sekarang mama saya menjadi member OXY
    dan mengkonsumsinya untuk seluruh keluarga. Terima kasih OXY, terus
    maju dan menjadi berkat bagi semua orang.

    BATU GINJAL DISEMBUHKAN
    Supratomo – Pemalang

    Saya menderita batu ginjal sejak 10 tahun yang lalu, bila kambuh
    pinggang rasanya sakit sekali yang tiada henti-hentinya sampai tiga/
    empat hari. Biasanya sakit akan terhenti bila ada serbuk batu yang
    keluar bersama air kencing. Rasa sakit ini berlangsung rutin setiap
    bulan di pinggang sebelah kiri. Semakin cemas setelah pada tahun 2000
    saya dinyatakan mengidap sakit gula atau diabetes. Saya kontrol setiap
    bulan kadar gulanya naik turun sekitar 250-350 mg/100 ml. Pada bulan
    maret 2006 saya dikenalkan pada OXY oleh teman saya, dan sejak itu
    saya selalu minum air OXY setiap hari sampai sekarang. Dan
    Alhamdulillah Allah Maha Penyayang dan Pengasih, pada pemeriksaan
    darah tangngal 26 April 2006, kadar gula darah saya normal yaitu tepat
    130 mg/ 100 ml. Dan yang lebih menggembirakan lagi pinggangsaya sudah
    tidak pernah terasa sakit lagi dan badan terasa segar bugar.
    Alhamdulillah Allah telah menyembuhkan saya lewat OXY

    Kesaksian ini dari http://oxycjdw.com/testimony.php diposting kembali
    oleh “omyosa & mamayosa” untuk sekedar bagi-bagi informasi, mudah-
    mudahan AIR BEROKSIGEN TINGGI “OXY” ini dapat dijadikan alternatif
    membantu meningkatkan kualitas kesehatan dan penyembuhan berbagai
    penyakit. Terima kasih.
    omyosa, 08159927152
    mamayosa, 08129967520

    APA ITU OXY DRINK WATER?

    OXY Drinking Water (OXY) Adalah air minum yang telah diaktifkan dengan
    menggunakan Sinar Alpha melalui proses Molecular Resonance e-Magnetic
    Technology (MReT), air minum yang mengandung Oksigen murni tinggi,
    serta air minum yang memiliki kandungan mineral An-Organik yang
    rendah.
    OXYGEN
    Oksigen (O2) merupakan kunci segala kehidupan. Kita bisa hidup
    beberapa hari tanpa makanan dan air, tetapi tidak dapat hidup selama 4
    menit saja tanpa Oksigen. Bahkan sel-sel Otak kita akan mati bila
    dalam waktu 15 detik tanpa adanya Oksigen. Setiap sel didalam tubuh
    manusia membutuhkan Oksigen, untuk membelah, untuk bertumbuh dan
    uintuk sel tetap hidup.
    Manfaat Oksigen :
    * Meningkatkan daya ingat dan kecerdasan otak.
    * Menegah kanker, asthma dan berbagai penyakit.
    * Meningkatkan metabolisme.
    * Mengurangi racun dalam darah.
    * Menstabilkan tekanan darah.
    * Memperkuat jantung dan sistem kekebalan tubuh.
    * Mencegah stress dan gugup.
    * Mempercantik kulit dan mencegah penuaan dini.
    Banyak penyakit di era modern sekarang ini yang disebabkan oleh
    kekurangan oksigen. Ini adalah masalah serius dunia. Dengan Oksigen
    tubuh akan mampu meregenerasi sel, membantu memperbesar daya absorbsi
    vitamin dan nutrisi, meningkatkan sitem kekebalan tubuh dan
    menetralkan zat-zat beracun dalam aliran darah.
    Dr. Otto Warburg, seorang pakar biokimia yang terkenal dan juga
    pemenang anugerah Nobel sebanyak dua kali, menyatakan bahwa sel-sel
    kanker tidak dapat bertumbuh dan berkembang dalam tubuh yang kandungan
    Oksigen nya tinggi.
    Dr. Freibott, menyatakan juga bahwa kekurangan Oksigen (O2) dalam
    jumlah yang besar akan menghambat degenerasisel secara biologikal.
    Dr. Parris Kidd, berpendapat bahwa Oksigen sangat memainkan peranan
    penting dalam sistem imunisasi tubuh, sehingga kebal terhadap
    penyakit, bakteri dan virus.
    Dr. Steven Levin, berpendapat bahwa kekurangan Oksigen adalah penyebab
    utama bagi segala penyakit. Dan kekurangan Oksigen dalam darah telah
    menyebabkan menurunnya sistem imunisasi, dan kemungkinan menyebabkan
    kanker, Leukimia, AIDS dan gangguan syaraf.
    Dr. Willian Kock, menyatakan bahwa perawatan dengan mengkonsumsi
    pengoksidan seperti Oksigen sangat mujarab dalam mengobati penyakit
    kanker, kusta, kencing manis, dan penyakit karena virus.
    Air Mineral An-Organik Rendah
    Tubuh manusia terdiri atas 70 % air. Air adalah zat terpenting kedua
    setelah Oxygen bagi tubuh manusia. Kandungan Air didalam tubuh kita :
    Otak 90 %, Paru-paru 85 %, Jantung 75 %, Hati 86 %, Ginjal 83 %, Otot
    75 %, Darah 90 %.
    Fungsi air dalam tubuh manusia :
    * Membentuk sel-sel baru, memelihara dan mengganti sel-sel yang
    rusak.
    * Melaritkan dan membawa nutrisi, Oksigen dan hormon ke seluruh sel
    tubuh.
    * Melarutkan dan mengeluarkan zat-zat sampah dari dalam tubuh.
    * Sebagai katalisator dalam tubuh.
    * Sebagai pelumas sendi-sendi.
    * Menstabilkan suhu tubuh.
    * Meredam benturan bagi organ vital didalam tubuh.
    Air minum dengan kandungan Mineral An-Organik Rendah :
    Tidak semua mineral dapat diabsorbsi kedalam sel tubuh manusia.
    Terutama jenis mineral An-Organik . Kesadahan air yang banyak
    mengandung mineral An-Organik dalam bentuk larutan adalah penyebab
    utama berbagai penyakit. Mineral – mineral yang keras dan lolos dari
    dinding intestinal dan masuk pada sistem Lymphatic dan beredar
    keseluruh tubuh melalui darah. Inilah penyebab berbagai penyakit yang
    diderita manusia.
    Dr. Charles Mayo, dari Mayo Clinic menyatakan bahwa tubuh manusia
    tidak membutuhkan mineral An-Organik dari air. Karena mineral yang
    dapat diabsorbsi oleh tubuh manusia adalah mineral organik yang biasa
    terdapat dalam makanan yang berasal dari sayur, buah maupun daging.
    Sementara semua jenis mineral An-Organik merupakan zat asing bagi
    tubuh dan harus dihilangkan – pendapat Dr. Allen E Banik MD (The
    Choice Is Clear).
    Kerusakan terbesar yang diakibatkan oleh mineral An-Organik,
    kolesterol dan garam terjadi pada arteri -arteri kecil dan saluran
    darah. Pengerasan arteri dan pengapuran saluran darah terjadi bermula
    ketika anda kemasukan mineral An-Organik dan mineral-mineral air yang
    anda minum kedalam tubuh Anda.
    Dr. Paul C. Bragg, N.D,Ph.D (Water The Shocking Truth). Dr. N.W.
    Walker dalam Water can Undermine Your Health, menyatakan bahwa darah
    kita 50 – 60 % nya adalah air.
    Secara alamiah tubuh manusia sudah memiliki mekanisme pembuangan
    mineral An-Organik dan materi kimia beracun lainnya, tetapi
    kemampuannya terbatas. Apabila batas toleransi tubuh terlampaui, maka
    sisa pembuangan mineral An-Organik dan sisa zat kimia beracun akan
    tertinggal dan menimbun dalam tubuh kita.
    * Timbunan mineral An-Organik dalam Ginjal, mengakibatkan kencing batu
    dan batu ginjal.
    * Pengendapan pada dinding pembuluh darah, dapat mengakibatkan
    kolesterol, pengapuran dan penyumbatan pembuluh darah.
    * Timbunan pada Empedu akan mengakibatkan batu empedu.
    * Timbunan pada Mata mengakibatkan katarak.
    * Pada Liver akan berlanjut pada Sirosis (Kanker Liver).
    * Timbunan pada Beta Pankreas akan menghambat produksi Insulin.
    * Yang tertimbun didalam tubuh dan menyelimuti sel-sel tubuh, maka
    akan menghambat oksigen dalam bereaksi dengan nutrisi pada sel,
    sehingga bisa menyebabkan kanker.
    * Timbunan pada usus akan menggangu penyerapan dan pencernaan.
    Molecular Resonance e-Magnetic Technology (MReT)
    MReT adalah suatu proses pengaktifan air dengan menggunakan resonansi
    bergelombang alpha yang tinggi ke dalam air yang telah dimurnikan.
    Prosesnya adalah air yang telah dimurnikan dilewatkan ke dalam suatu
    mesin MReT yang mengeluarkan sinar alpha dari tegangan listrik. Air
    yang telah melewati resonansi gelombang alpha ini akan membentuk
    ikatan molecul H2O menjadi lebih stabil. Karena ikatan kovalen yang
    terjadi antara ion Hidrogen dan ion Oksigen menjadi lebih kuat dalam
    sudut 104,5 derajat yang seragam. Air yang telah melewati alat ini
    akan menajdi bermuatan positif, dan inilah yang dinamakan Air Aktif.
    Air yang telah diaktifkan ini akan mempermudah masuk ke dalam sel dan
    pembuluh darah sehingga dengan cepat akan bereaksi ke dalam setiap
    sel. Air aktif ini akan berfungsi :
    1. Mencegah penggumpalan sel darah.
    2. Mencegah terbentuknya sel dengan ikatan tak beraturan.
    3. Mengurangi radikal bebas di dalam sel.
    4. Membangkitkan energi sel.
    5. Mencegah kanker.
    Air yang telah diaktifkan ini banyak membantu penderita : tekanan
    darah tinggi, stroke, trigeliserid, kolesterol, diabetes, kanker,
    abses, menghaluskan kulit, jerawat batu, menyehatkan rambut, migrain,
    pegal-pegal, ketegangan otot, impotensi diri, awet muda dan lain-lain.
    Dan banyak kesaksian telah membuktikan bahwa dengan aliran darah yang
    lancar dan sehat maka tubuh kita juga jadi sehat. Banyak konsep
    pengobatan pada dasarnya adalah memperlancar peredaran darah. Oleh
    karena darah adalah pemberi makan setiap sel yang jumlahnya milyaran
    dalam tubuh manusia.
    PROSES PRODUKSI OXY PURE WATER
    Oxy Pure Water diproses melalui 7 tahap proses, dengan penambahan
    oksigen serta pengaktifan air melalui penyinaran sinar alpha melalui
    proses Molecular e-Magnetic Technology (MReT)
    1. Sendimentation Filtration
    2. Carbon Filtration
    3. Purifying Water
    4. Ozonation
    5. Jurgen Oxygen Process
    6. Molecular Resonance e-MagneticTechnology (MReT)
    7. Bottling and Filling
    Product knowledge ini dicopy dari http://www.oxycjdw.com/oxy.php
    diposting kembali oleh “omyosa & mamayosa” untuk sekedar bagi-bagi
    informasi, mudah-mudahan AIR BEROKSIGEN TINGGI “OXY” ini dapat
    dijadikan alternatif membantu meningkatkan kualitas kesehatan dan
    penyembuhan berbagai penyakit. Terima kasih.
    omyosa, 08159927152
    mamayosa, 08129967520

    Komentar oleh omyosa | Juni 28, 2008


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: